Bersihkan Rantai Secara Berskala


Memasuki musim hujan seperti saat ini, para pengguna sepeda motor akan merasakan persoalan terhadap kendaraannya. Terutama rantai roda (drive chain) yang bermasalah. Rantai kendur, berisik hingga pir kendur atau rusak akan memungkinkan lepas dan putus bisa saja terjadi. Ada sejumlah tips untuk merawat agar rantai roda terawat seperti dikutip lintasberita:

                Menyetel rantai secara teratur. Tak hanya mengencangkan atau mengendurkan, tetapi juga mengatur pengunci pin sambungan dan membersihkan kotoran yang menempel. Penyetelan sebaiknya dilakukan tiap 1.000 kilometer.

                Membersihkan kotoran yang menempel di sela-sela rantai baik debu, lumpur atau serpihan lain yang menempel di pelumas rantai. Bila dibiarkan, kotoran akan menyebabkan rantai cepat kering, berkarat, cepat aus karena getas.

                Atur ketepatan jarak antara tutup dan rantai Melakukan pelumasan rantai secara berkala. Akibat faktor lingkungan seperti cipratan air hujan, kotoran, lmpur dan debu berpotensi komponen rusak. 

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: