Si Gale-gale, Robot Penari Tor-Tor


Si Gale-gale, boneka kayu penuh mistis yang menjadi ikon budaya Batak Toba kini berubah wujud menjadi robot. Robot Si Gale-gale hasil kreasi tim robotic Universitas Indonesia itu ditampilkan pada ajang International Robot Olympiad (IRO) 2011 lalu.

Robot ini terkesan tradisional, mengenakan ulos yang merupakan kain tradisional khas suku Batak, Sumatra Utara dan yang unik, Si Gale-gale bisa melakukan gerakan tarian Tor-tor mengikuti iringan music yang diperdengarkan.

Seperti dikutip Beritateknologi.com, dengan menggunakan sensor bunyi yang dimilikinya, Si Gale-gale bisa menggerakkan kedua tangannya meniru gerakan Tor-tor. Robot ini dilengkapi dengan 21 actuator sehingga gerakannya diklaim menjadi lebih gesit. Gerakan tarinya pun sesuai dengan tempo dan irama dari musik pengiringnya.

Si Gale-gale masuk dalam kategori robot Indonesiana. Ke depan, diharapkan akan muncul robot lain yang menjadi pelestarian budaya Indonesia. Robot ini pun berhasil meraih Technical Award. 

Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: