Semua Cair di Tahun Naga Air



Warga keturunan China Kota Solo dan sekitarnya, seperti juga dilakukan saudara-saudara mereka di berbagai belahan dunia, penuh suka cita menyambut dan merayakan Tahun Baru Imlek 2563. Kemeriahan kian terasa lantaran imlek kali ini bertepatan dengan liburan akhir pekan. 


Alhasil, tak hanya warga keturunan China yang larut dalam kegembiraan dan harapan menyambut Tahun Naga Air, warga lain juga ikut berbaur dalam nuansa Imlek yang digelar di jalanan sampai restoran mewah dan hotel berbintang.


Kini, warga keturunan China tak perlu sungkan-sungkanlagi menjalankan ritual yang telah dilaksanakan leluhur mereka sejak ribuan tahun silam. Masyarakat lain pun tak lagi menerima budaya adiluhung dari negeri seberang itu dengan setengah hati. 



Semua cair, semua membaur, merayakan dan menyambut kehadiran Sang Naga Air, simbol kebesaran dan persatuan. Tak ada lagi sekat pembatas antara individu atau kelompok masyarakat dengan individu dan kelompok masyarakat lain.


Toleransi menjadi kata kunci. Kepentingan umum dan kebersamaan mejadi jalan yang mesti dilalui bersama. Masa lalu biarlah berlalu. Dia hanya akan jadi benalu bagi bangsa yang tak punya rasa malu. 



Author

Written by Admin

Aliquam molestie ligula vitae nunc lobortis dictum varius tellus porttitor. Suspendisse vehicula diam a ligula malesuada a pellentesque turpis facilisis. Vestibulum a urna elit. Nulla bibendum dolor suscipit tortor euismod eu laoreet odio facilisis.

0 komentar: